RSS
Gambar

Jalan-jalan ke Osaka untuk EMBC 2013

06 Des

osaka1

Alhamdulillah, pertengahan tahun 2013 ini berkesempatan jalan-jalan ke Jepang tepatnya di kota Osaka. Setelah “stopover” di Malang selama 2 minggu dari Sydeny, perjalanan ke Osaka dilanjutkan menggunakan SQ transit Singapura. Alhamdulillah, penat dan lelah sedikit berkurang setelah mendarat di Kansai International Airport, airport yang dulu pernah  saya lihat proses pembangunannya di youtube (silakan lihat disini). Tidak pernah saya duga, Allah takdirkan saya menyaksikan dan merasakan sensasi mendarat di atas laut, Alhamdulillah ala kulli hal.

kansai

Kansai International Airport

EMBC 2013 atau The 35th Annual International Conference of the IEEE Engineering in Medicine and Biology Society adalah konferensi terbesar di bawah IEEE Engineering in Medicine and Biology Society (EMBS). Konferensi ini menaungi topik yang luas tentang Biomedical Engineering. Proses review artikelnya juga ketat dan selektif. Selain itu, konferensi ini agak kaku dalam hal aturan. Diantaranya, salah satu penulis harus mempresentasikan artikelnya. Jika tidak, maka semua penulis dilarang untuk hadir di semua konferensi di bawah EMBS selama dua tahun. Dan itu terjadi pada rekan satu Uni. Saya, yang bukan salah satu penulis dari artikelnya, diminta mempresentasikan artikel dia. Saya sudah melakukan registrasi atas nama dia dan mempresentasikan makalahnya. Sayangnya, Chair presentasi menanyakan peran saya atas artikel tersebut. Jujur saya katakan bahwa saya mewakili rekan satu Uni tapi bukan salah satu penulis artikel tersebut. Sekitar sebulan setelah konferensi dia dapat notifikasi bahwa dia sudah melanggar aturan dan dibanned dari semua konferensi dibawah EMBS selama dua tahun selain hukuman artikel dia tidak dipublish di IEEE Xplorer. Astaghfirullah.

Dari beberapa International Conferences yang saya hadiri, EMBC is the best. Banyak workshop yang ditawarkan, banyak pakar yang datang sehingga sharing ataupun sampai transfering knowledge bisa terjadi. Beberapa pakar yang biasanya saya baca papernya, bisa saya jumpai dan dengarkan pendapatnya. Penelitian-penelitan yang biasa saya telaah isinya bahkan dijadikan acuan riset, bisa saya jumpai penelitinya dan saya gali informasi tentang aktivitas terkininya. Alhamdulillah. Dan salah satu nikmat terbesar yang Allah berikan adalah berjumpa dengan Ali Al-Timemy, PhD student dari Plymouth University-UK. Karena kedermawanannya, dia memberikan semua  data EMG yang dia kumpulkan sendiri yang terdiri dari 10 orang sehat dan 6 orang putus tangan. Dengan data itu, dia punya satu jurnal di IEEE Transaction. Semoga Allah SWT membalas amalnya dengan amal yang berlipat dan menjadikan Ilmunya ilmu yang bermanfaat Amin dan semoga Allah SWT memberi anugrah yang serupa kepadaku, Amin.

ali

Brother Ali Al-Timemi Hafidzohullah

Di sela-sela konferensi, Alhamdulillah saya berjumpa dengan beberapa Muslim yang mengajak sholat Jum’at di satu-satunya masjid di kota Osaka. Background brother muslim ini berbeda-beda, ada yang dari Middle east, Bangladesh, Malaysia dan Indonesia. Alhamdulillah saya akhirnya bisa bercakap Indonesia di Jepang dengan Mas Sunu Wibirama, dosen UGM sedang belajar di Jepang. Kami menggunakan shuttle bus dari tempat konferensi menuju Osaka Station. Dari Umeda Station (di Timur Laut dari Osaka Sation) menggunakan Hanshin Main Line, kami turun di Chibune Station. Kemudian jalan sekitar 10 menit akhirnya kami sampai di Masjid Osaka sebagaimana ditunjukkan oleh map berikut ini.

osakamosque

Peta dari Chibune Station ke Masjid Osaka

Masjid Osaka terdiri dari empat lantai. Lantai pertama digunakan untuk supermarket yang menjual makanan halal, toilet dan tempat wudlu bagi laki-laki. Lantai dua tempat sholat, lantai tiga untuk madrasah dan lantai empat untuk tempat Imam. Lumayan banyak muslim yang sholat jumat dan menariknya yang bertindak sebagai muadzin berasal dari Indonesia tepatnya berasala dari Lombok.

mosque

Masjid Osaka

Sebagaimana di Indonesia, selesai sholat Jum’at, biasanya perut keroncongan. Alhamdulillah, terdapat sebuah restoran halal di seberang masjid. Setelah beberapa hari dalam keraguan akan halalnya makanan yang dimakan (vegeration food yang disediakan panitia konferensi) , hari itu kami benar-benar menikmati makanan yang terjamin 100 % kehalalannya, leganya Alhamdulillah.

restoran

Restoran Halal di Osaka

restoran1

Daftar menu

Sebelum bertolak ke Kansai International Airport, saya sempatkan untuk melihat-lihat Osaka Castle.

osakacastle2

Pintu gerbang Masuk Osaka Castle

osakacastle

Menara Osaka Castle

osakacastle3

Salah satu view dari atas Menara Osaka Castle

Banyak pelajaran yang bisa diambil dari EMBC 2013. Semangat berbagi diantara researcher sangat kental terasa. Bahkan sudah ada yang memulai untuk membuat kode bersama untuk keperluan sistem kontrol artificial limb menggunakan pattern recognition method. Alhamdulillah sempat berkenalan dengan penggagasnya dan diberi kartu nama. Sayang saya belum punya kartu nama, jadi gak bisa ngasih balik. Bagi yang berminat silakan meluncur ke Biopatrec.

Intinya, marilah kita selalu berbagi. Dengan berbagi, Insya Allah, Allah akan menambah ilmu yang kita miliki. Berbagi itu sungguh Indah, berbagi itu sungguh mulia.

Malang, 5 Desember 2013

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 Desember 2013 in Lika-liku Studi S3

 

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

 
